Kamis, 26 Juni 2014

Seni Reklame dan Seni Relief


Seni Reklame


Seni reklame merupakan seni yang digunakan mempromosikan produk barang atau jasa dengan gaya yang menawan untuk meningkatkan gairah pembeli. Nilai seninya terdapat pada ungkapan kata atau kalimat, gambar, grafis dan desain.
Jenis reklame cetak antara lain : 
  • Logo
Logo biasa menjadi bagian dari bentuk reklame yang lain, baik sebagai inisial/lambang dari badan usaha, organisasi atau instansi pemerintah

  •  Stiker
Berbentuk gambar / tulisan pada kertas atau plastic yang ukurannya relatif kecil bagian bawahnya berperekat. Stiker dapat berisi slogan, kalimat bijak, atau promosi produk.

  • Pamflet
Jenis reklame yang bentuk cetakannya relative sederhana. Berisi penawaran usaha atau ajakan. Penyebarannya dilakukan melalui kendaraan atau ditempel di pinggir jalan.

  • Poster
Bentuk cetakan relatif lebih baik dan lebih besar dari pamflet. Isinya bias bersifat komersil (ajakan membeli suatu produk), pemberitahuan, diselenggarakan suatu acara, atau hibauan dengan gambar dan kalimat bijak. 


  • Baleho
Berbentuk seperti papan pengumuman berukuran besar terbuat dari triplek,  seng, kain tebal atau plastic khusus yang digunakan pada tiang besi. Yang diletakkan diperempatan jalan strategis atau di depan gedung pertunjukan. Fungsinya mempromosikan produk yang relatif besar/ banyak seperti perumahan, mobil, rokok, film, dan lain-lain. 

 
  • Advertensi
Terdapat pada surat kabar/majalahisinya berupa pengumuman/promosi produk barang/jasa dalam bentuk gambar dan kalimat.

  • Spanduk
Bahannya dari kain, biasanya berbentuk memanjang, dicetak dengan teknik sablon. Berisi pesan, himbauan, atau informasi dari yayasan atau organisasi politik. Dibentangkan pada pagar atau antar tiang di sekitar jalan raya. Tulisannya yang besar-besar dibuat untuk menarik perhatian orang di kendaraan dari jarak yang jauh sekalipun.

  • Brosur 
Dicetak di atas kertas yang biasanya berlipat, berisi tentang keadaan suatu badan usaha/lembaga pendidikan agar masyarakat yang berkepentingan dapat mengetahui kegiatan dan faktor pendukung yang ada. 

 
  • Katalogus
Seperti brosur, tetapi isinya daftar nama, gambar, harga, serta keterangan lain tentang barang atau jasa yang ditawarkan. Penyebarannya banyak dilakukan di gerbang pertokoan, melalui sales, atau ditempat usaha yang bersangkutan.

  • Etalase
Berupa ruangan kecil berdinding kaca di depan toko tempat barang dijual. Berisi display barang-barang yang dijual ditoko tersebut. Barang-barang yang dipajang di etalase biasanya merupakan contoh produk-produk terbaik dan menarik dari toko tersebut. 

 
  • Cut out display
Berbentuk 3 dimensi, berupa balon atau model barang yang dipromosikan dalam ukuran besar yang diletakkan ditempat strategis disekitar toko. 


 
  • Neon lamp and neon box
Neon lamp terbuat dari susunan lampu-lampu, pada bidang vertikal sehingga membentuk gambar berwarna/kalimat dari produk yang dipromosikan. 
Neon box terbuat dari kotak akrilik yang bertulisan/bergambar produk yang dipromosikan didalamnya terdapat lampu neon. 

SENI RELIEF


     seni relief adalah gambar atau lukosan yang ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi ( tri marta) atau  di atas bidang yang dua dimensi (dwi marta) bidang datar ini umumnya berupa tugu peringatan dalam penciptaanya  relief bentuknya bermacam-macam ,ada beberapa istilah dalam hal ini:

a.       Bas relief , yaitu bila bagian yang timbul kurang dari setengah tebalnya

b.      Hant relief , yaiyu bila bagian yang timbul lebih dari setengah tebalnya

c.       Demi relief , yaitu bila bagian yang timbul tepat setengah tebalnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar